| Register
  • Connect to:

Tambang Untuk Kehidupan

Indonesia dianugerahi sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya energi dan mineral adalah salah satu sumber daya alam yang penting bagi kelangsungan hidup masyarakat Indonesia. Namun bagi sebagian orang, dunia pertambangan masih dipandang sekadar mesin pengeruk besar, lahan tambang yang berdebu, merusak lingkungan, dan merugikan masyarakat sekitar. Padahal, di dalam dunia pertambangan ada panduan Good Mining Practice sehingga kegiatan operasional pertambangan dapat dijalankan dengan aman, efisien, dan tetap mempertimbangkan aspek lingkungan hidup.

Kehidupan manusia pun banyak berhubungan dengan tambang dan hasil olahan tambang digunakan sehari-hari, mulai dari alat-alat komunikasi, moda transportasi, konstruksi bangunan, peralatan kesehatan, hingga perlengkapan rumah tangga. Karena itu, pandangan terhadap pertambangan harus harus dilihat dari dua sisi yang berbeda.

Menyambut Hari Jadi Pertambangan dan Energi Nasional ke-71, Kompasiana mengajak Kompasianer untuk berpartisipasi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai pertambangan dengan segala potensi dan pemanfaatannya. Kompasianer diundang untuk berbincang seputar dunia pertambangan plus mengunjungi Museum Geologi Bandung!

Pembicara:

  1. Ir. Sukmandaru Prihatmoko, M.Sc., Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia
  2. Dr.-Ing., Ir., Aryo Prawoto Wibowo, M.Eng., Ketua Pusat Riset Unggulan Kebijakan dan Keekonomian Minerba FTTM ITB
  3. Henky Rumbino, VP Underground Mines PT Freeport Indonesia

Moderator: Nurulloh, Superintendent Content & Community Division Kompasiana

Kuota: 50 Kompasianer

Aktivitas:

  1. Talk show interaktif
  2. Live tweet competition
  3. Kuis

Untuk mengikuti Kompasiana Nangkring ini, segera daftarkan diri Anda melalui email ke kompasiana@kompasiana.com dengan subyek “Daftar Nangkring Freeport Bandung” dan menyertakan data diri sebagai berikut:

  • Nama
  • URL akun Kompasiana
  • Alamat
  • Nomor Telepon

Tak hanya itu, Kompasiana juga akan mengadakan blog competition dengan tema “Tambang Untuk Kehidupan” yang berhadiah total Rp 9,5 juta untuk tiga orang pemenang (tanggal periode blog competition akan diinfokan kemudian).