| Register
  • Connect to:

Mining For Life on Indonesia Writers Festival 2019

Indonesia Writers Festival (IWF) adalah acara tahunan yang diadakan oleh IDN Times. Tahun ini, IWF 2019 diadakan di Universitas Multimedia Nusantara pada tanggal 6-7 September 2019. Mengusung tema “Empowering Indonesians Through Writing”, IWF 2019 mengadakan berbagai workshop dan talkshow dengan berbagai tema. Salah satunya adalah talkshow bertajuk “Mining for Life” yang didukung oleh PT Freeport Indonesia.

Pembicara di talkshow tersebut adalah Dr. Eng. Stephanie Saing, S.T., M.T dan Pak Masagus Azizi dari PERHAPI (Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia). Dalam talkshow tersebut, Kak Stephanie berbagi cerita mengenai banyaknya fungsi barang tambang di kehidupan sehari-hari. Di antaranya adalah sebagai bahan untuk HP (ada 83 bahan tambang dalam satu unit HP, di antaranya adalah platinum, magnesium, aluminum, tembaga, dan emas), pen yang digunakan untuk tulang dalam dunia medis, LCD yang biasa hadir di ruang kelas maupun ruang perkuliahan, dan masih banyak lagi. Sayangnya, framing mengenai industri pertambangan masih bernada negatif. Padahal, menurut Pak Masagus Azizi, pertambangan secara efisien, ramah lingkungan, dan aman sudah diatur oleh pemerintah.

 

Di PT Freeport Indonesia, pertambangan didukung teknologi paling maju dan paling modern. Ada dua jenis tambang di PT Freeport Indonesia, yakni tambang open pit (berdiameter 2.5 km dengan kedalaman 1.2 km) dan tambang bawah tanah. Pak Masagus Azizi menyebutkan bahwa tambang PT Freeport merupakan tambang paling cantik di dunia karena mengikuti peraturan dari pemerintah. Contoh tambang lain yang mengikuti peraturan dari pemerintah adalah tambang milik PT Aneka Tambang Tbk. di Halmahera. Di luar negeri, kita dapat menengok tambang yang Mitsubishi rawat dengan penuh tanggung jawab bahkan setelah tambang tersebut tutup (tambang tersebut terakhir digunakan oleh Mitsubishi). Menurut Kak Stephanie, pembukaan tambang pun perlu memperhatikan tiga hal penting: Teknis, lingkungan, dan finansial.

Pada dasarnya, pertambangan adalah long-term business yang tidak dapat diburu-buru. Menutup diskusi tersebut, diceritakan fakta bahwa perusahaan pertambangan sendiri penting bagi masyarakat di sekitarnya. Banyak perusahaan pertambangan yang mengayomi masyarakat tempatnya beroperasi. Inilah sikap-sikap yang harus dicontoh seluruh perusahaan pertambangan di dunia agar tak ada lagi framing negatif terhadap industri pertambangan.

Penulis: Jessica Sihombing

SHARE: