| Register
  • Connect to:

Pembicaraan Perdagangan AS-China Dongkrak Harga Emas

Harga emas naik pada perdagangan Selasa dan membalikkan kerugian yang telah dicetak di awal perdagangan. Pendorong kenaikan harga emas karena penguatan yuan China terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Mengutip Reuters, Rabu (1/8/2018), harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi USD 1.224,48 per ounce pada pukul 1.43 siang waktu London. Angka tersebut rebound setelah menyentuh level terendah sejak 19 Juli.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus ditutup naik USD 2,40 atau 0,2 persen ke level USD 1.223,70 per ounce.

Harga emas naik karena pelemahan dolar AS. Yuan China menguat terhadap dolar AS setelah sebuah laporan mengataka bahwa AS dan China mencoba untuk memulai kembali perundingan untuk meredakan perang dagang.

Di awal perdagangan, dolar AS sebenarnya menguat karena ada ekspektasi kenaikan suku bunga dari Bank Sentral AS sebanyak dua kali lagi sampai dengan akhir tahun. Dengan penguatan dolar AS tersebut harga emas mengalami tekanan hingga jatuh ke level terendah dalam hampir dua minggu.

Namun kemudian situasi berbalik arah dan dolar AS tertekan sehingga memberikan peluang kepada harga emas. ” Harga emas berbalik positif karena adanya gagadan kemungkinan negosiasi dengan China,” kata analis RBC Wealth Management, George Gero.

Sumber: https://goo.gl/7bvfhc

SHARE: