| Register
  • Connect to:

PT Timah Bantu Pembangunan Mushola Pantai Mang Kalok Rp 10 Juta

PT Timah Tbk sebagai perusahaan BUMN melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan bantuan sarana dan prasarana untuk mempercantik Pantai Mang Kalok, Kamis (3/11/2016) di Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat.

Selain itu PT Timah Tbk juga memberikan bantuan dana senilai Rp 10 juta untuk memperbaiki mushola di Pantai Mang Kalok.

Diakui Staf Humas PT Timah Tbk, Rezali Himawan seizin Kabag Humas PT Timah Tbk, Renny Hutagalung, bantuan ini merupakan bentuk perhatian perusahaan pertambangan tersebut melalui bantuan CSR PT Timah Tbk untuk memperbaiki sarana dan prasarana di Pantai Mang Kalok. Apalagi kawasan ini sebagai kawasan pariwisata yang hidup.

“Kegiatan kita hari ini penyerahan bantuan untuk pembangunan mushola di Pantai Mang Kalok. Ini terkait program CSR juga karena ini terkait daerah sini pariwisatanya hidup. Jadi kita untuk menunjang pariwisata karena banyak keluhan dari pengunjung karena untuk sholat itu fasilitasnya belum memadai. Kita coba bantu dengan dana CSR kita,” jelas Rezali.

Pada awal 2016 lalu, pihaknya sudah melakukan reklamasi di Pantai Mang Kalok yang juga masuk dalam kawasan IUP PT Timah Tbk. Perusahaan BUMN sudah berkoordinasi dengan pengelola dan kades untuk menjaga hasil reklamasi sehingga untuk kebutuhan perawatan disediakan PT Timah Tbk.

“Kita disini awal 2016 sudah melakukan reklamasi dan IUP kita ada di Pantai Mang Kalok jadi program berikutnya kita sudah koordinasi dengan pengelola dengan kadesnya juga untuk menjaga hasil reklamasi. Jadi kebutuhan untuk pupuk perawatan kita yang sediakan. Kemaren juga sudah didistribusikan tong sampah yang dibuat oleh komunitas peduli Babel kita kerja sama dengan mereka untuk didistribusikan ke Pantai Mangkalok,” ungkap Rezali.

Mang Kalok yang merawat pantai ini mengatakan bahwa 300 pohon ketapang dan 300 cemara yang ditanam oleh PT Timah Tbk, sejak Februari 2016 lalu tumbuh dengan baik dan tidak ada yang mati. Diakuinya tanaman yang ditanam tersebut pernah diserang hama ulat, kemudian ia minta kepada PT Timah Tbk untuk menyediakan alat semprot.

“Sekarang untuk pohon Ketapang saya membutuhkan pupuk. Kalau untuk cemara tidak usah. Semua pohon dalam kondisi baik dan tidak ada yang mati,” jelas Mang Kalok di sela-sela kesibukannya merawat pohon-pohon pelindung pantai yang ia tanam bersama masyarakat Desa Rebo.

Untuk kondisi mushola di pantai ini menurutnya memang sudah banyak yang rusak. Mushola yang dibangun dengan material kayu ini sudah lama sudah jelek.

“Jadi kami meminta bantuan PT Timah. Alhamdulillah hari ini dana bantuan untuk Mushola sebesar Rp 10 juta diberikan PT Timah. Insya Allah minggu ini warga akan gotong royong membangun mushola. Kemarin juga PT Timah sudah memberikan gorong – gorong untuk akses jalan,” ungkap Mang Kalok.

Kades Rebo Vendi berterima kasih atas bantuan yang diberikan PT Timah Tbk untuk pantai yang merupakan andalan masyarakat Desa Rebo.

“Mudah – mudahan kegiatan ini berjalan dengan lancar. Kita saling sinergi untuk kemajuan. Kalau masyarakat Rebo sih intinya mendukung untuk pariwisata. Apalagi Pantai Rebo ini masuk dalam kawasan KEK Wisata,” ungkap Vendi.

Diakuinya, support Pemerintah Kabupaten Bangka untuk pengembangan Pantai Mang Kalok baik dari sisi fasilitas dan perbaikan kondisi pantai sangat minim. Untuk itu, ia berharap Pemkab Bangka dapat memberikan bantuan dan perhatian terlebih untuk memperhatikan akses jalan menuju Pantai Mang Kalok.

Sumber: www.bangka.tribunnews.com

SHARE: