| Register
  • Connect to:

Tambang Emas Merdeka Cooper di Banyuwangi Ramah Lingkungan

Penambangan emas Tujuh Bukit milik PT Bumi Suksesindo (BSI), anak perusahaan PT Merdeka Copper Gol Tbk di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur menggunakan tekhnologi canggih yang ramah lingkungan.

“Perusahaan berusaha melakukan proses penambangan tanpa merusak ekosistem lingkungan dan biota satwa di kawasan ini,” kata Coorporate Communications Manager PT BSI Banyuwangi, Mufizar Mahmud saat sejumlah media berkunjung ke area penambangan emas di Kabupaten Banyuwangi, Senin (23/7).

Dalam penambangan emas dan perak kata dia perusaahaan mengembangkan teknologi heap leach (penindihan), dan tidak menggunakan sistem taillings sebagaimana yang dilakukan perusahaan tambang lain di Indonesia. “Kami menggunakan sistem SAG (Semi Autogenuous Grinding) Mil dimana melalui sistem itu, pemanfaatan teknologinya tepat dan kontrol kinerja baik, sehingga produksi emas optimal,” lanjutnya.

Mufizar menjelaskan, teknologi heap leach bekerja dengan menumpuk batuan yang mengandung mineral di suatu tempat khusus yang dibangun dengan alat plastik HDPE. Wadah ini dibangun antara lain dengan lapisan tanah liat serta dipasang alat monitor untuk memastikan proses penambangan tidak mencemari lingkungan.

Perusahaan juga memantau kondisi lingkungan secara berkala setiap 3 bulan sekali dan dibantu tim independen seperti Balai Konservasi, Balai Lingkungan Hidup dan berbagai universitas.

“Kami selalu melakukan pemantauan lingkungan sesuai UU. Laporannya kita kirimkan ke pemerintah. Secara aturan kita wajibkan ke pemerintah 6 bulan sekali tapi tiap 3 bulan kita lapor, dan sejauh ini kondisi lingkugan masih terjaga. Kalaupun ada perubahan seperti kondisi air menjadi agak keruh itu bukan akibat penambangan, tapi lebih karena kondisi alam. Karena di areal ini dekat dengan laut selatan Jawa,” tutupnya.

Sumber : https://goo.gl/JJNPwY

SHARE: